Minggu, 15 November 2009

MANAGEMEN SWIMMING POOL, FITNESS,MASSAGE & SPA

Cleaning Process (MERAWAT KOLAM RENANG)

Agar kondisi kolam selalu bersih, indah dan menarik, kolam renang harus dirawat setiap hari sehingga kotoran yang ada dapat diatasi. Jenis–jenis kotoran yang ada di swimming pool antara lain ;
1. Kotoran yang terapung diatas air
2. Kotoran yang berbaur dengan air
3. Kotoran yang menempel di dinding kolam
4. Kotoran yang mengendap didasar kolam

Cara pemeliharaan swimming pool adalah sebagai berikut :
A. Kotoran yang terapung diatas air dibersihkan dengan cara menyaring/ mengambil kotoran terasebut dengan strainer
B. Kotoran yang menempel pada dinding kolam disikat dengan hand brush atau digosok dengan scot bright yang telah dibumbuhi obat pembersih (Fast Go/ Applied 4000).
C. Kotoran yang mengendap di dasar kolam renang divacuuming

Cara vacuuming :
1. Tancapkan selang vacuum cleaner pada sikat vacuum
2. Selang vacuum cleaner diisi air sampai penuh dengan membenam-membenamkannya ke dalam kolam
3. Tancapkan ujung selang yang lain pada skinner/lubang saluran penghisap air ke tabung mesin filter
4. Matikan power mesin filter
5. Tutuplah kran sirkulasi dan kran pembuangan air
6. Buka kran vacuuming
7. Power mesin filter dihidupkan kembali
8. Vacuuming dilakukan secara merata, dimulai dari bagian yang paling dangkal, menuju kebagian yang paling dalam
9. Setelah selesai matikan power mesin filter
10. Tutup kran untuk vacuuming dan buka kran sirkulasi air
11. Hidupkan lagi power mesin filter sehingga kotoran-kotoran yang berbaur/bercampur dengan air dikolam renang masuk ke mesin filter dan kemudian keluar lagi dalam kondisi bersih

Yang perlu diperhatikan disini adalah :
1. Setiap melakukan pemindahan handle klep pada mesin filter, power harus dalam keadaan mati (off)
2. Bila filter sudah kotor maka harus dibersihkan. Caranya, tutup semua kran. Buka kran pembuangan air ( dapat dilihat dalam air yang kelihatan pada bagian atas mesin filter ). Setelah bersih, kran pembuangan air ditutup dan kran sirkulasi dibuka kembali
3. Strainner/ saringan yang terdapat dibagian bawah mesin filter sebagai penampung kotoran perlu dibersihkan setiap saat dengan terlebih dulu menutup kran yang ada, tanpa kecuali. Setelah itu buka saringan tersebut dan kemudian bersihkan
4. Agar kondisi air dalam kolam renang tetap sehat dan bersih perlu adanya perawatan secara kontinyu dengan member obat khusus untuk memelihara air kolam, berupa kaporit 8-10 ons untuk 100 m3 air, dan ditambah HCI bila kondisi air menurun, yang tampak pada warnanya yang kehijauan

Cara memberi obat kapurit :

1. Ambil kapurit sesuai ukuran, taruh ke dalam ember
2. Ember diisi air bersih sampai penuh, aduk kapurit hingga larut
3. Diamkan adonan tersebut 15 menit hingga larutan kapurit mengendap
4. Air adonan yang jernih dalam ember dituang kedalam kolam dekat lubang sirkulasi air
5. Endapan kapurit dalam ember dicampur air lagi, diaduk sampai rata, didiamkan/ diendapkan selama 15 menit
6. Air kapurit yang jernih dituang kedalam kolam pada bagian lain dekat lubang sirkulasi air
7. Ulangi sampai 3x, dan kali yang terakhir, tuangkan semua sisa kapurit kedalam kolam renang

Pemberian kapurit dilakukan secara rutin setiap hari, pagi hari sebelum digunakan oleh tamu, dan sore hari setelah swimming pool ditutup. Bila pemberian obat terlambat maka air akan menjadi tidak sehat dan membahayakan para tamu.

Ciri-ciri/ tanda-tanda air kekurangan obat :
 Air berwarna biru kehijauan
 Bila untuk berenang, kulit akan terasa gatal
 Bakteri/ binatang-binatang kecil hidup didalam kolam

Sebaliknya, bila air kelebihan obat :
 Warna air menjadi biru tua
 Berat jenis air menurun
 Bila dipakai untuk berenang, mata akan terasa pedas menjadi kemerah-merahan sedangkan kulit akan terasa panas/ perih.

Melayani tamu Swimming Pool Seperti sudah dibahas didepan, pengguna swimming pool terdiri dari :

Cara melayani Member :

 Begitu tamu datang, sambut dengan greeting yang ramah
 Tanyakan nomor kamar tamu
 Tulis nama tamu dan nomor kamarnya dalam pool book
 Berapa jumlah handuk ( pool towel ) yang mau dipinjamnya
 Berikan handuk sesuai permintaan tamu
 Awasi/ pantau selama tamu berenang, mungkin ada order tambahan, misalnya minta ashtray, lazy chair atau makanan dan minuman. Order ini harus segera dilayani.
Order makanan dan minuman dapat disampaikan kepada petugas/ waiter pool side restaurant/ bar, atau disampaikan kepada room service untuk ditindaklanjuti. Setelah tamu selesai berenang dan mengembalikan pool towel, mintalah untuk membubuhkan tanda tangan dalam pool book sebagai bukti bahwa tamu telah mengembalikan pool towel.
 Jangan lupa mengucapkan terima kasih saat tamu meninggalkan swimming pool.

Cara melayaninya Non Member :
 Sambutlah tamu dengan greeting
 Tanyakan voucher/ tiket kepada tamu
 Bila belum membawa, mohonlah untuk membeli tiket terlebih dahulu di Front Office Cashier ( FOC ). Biasanya pada voucher/ tiket terdapat extra soft drink. Jadi tamu luar yang berenang akan mendapatkan minuman secara cuma-cuma. Namun ada juga hotel yang menerapkan kebijakan bahwa tamu luar yang berenang dengan membeli tiket tidak diberi soft drink gratis
 Tulis dalam pool book nama tamu serta jumlah towel yang dikehendaki
 Tanyakan juga jenis soft drink yang mau dipesan (bila tertera pada tiket)
 Layani permintaan tamu
 Ucapkan terima kasih ketika tamu meninggalkan swimming pool.

Disamping itu pool attendant juga bertugas menjaga kebersihan sekitar swimming pool serta bertanggung jawab terhadap pool towel/ handuk yang digunakan oleh para tamu. Setelah tamu selesai berenang, semua pool towel dikumpulkan dan dibawa ke linen room untuk ditukarkan dengan pool towel yang bersih.

Kerusakan pada perlengkapan swimming pool harus segera dilaporkan kepada supervisor agar dibuatkan work order ( WO ) kepada Engineering Department untuk segera diperbaiki. Jika ditemukan barang milik tamu yang tertinggal dipool area segera laporkan kepada supervisor untuk disimpan di Housekeeping Office bagian lost and found, supaya apabila ada tamu yang mencari segera dapat diberikan.

B. FITNESS CENTER
Sebuah Club House biasanya dilengkapi juga dengan fasilitas olah raga lain antara lain fitness center. Adalah sarana olahraga indoor yang dilengkapi dengan peralatan-peralatan khusus yang dapat dipergunakan untuk melatih dan membentuk otot agar senantiasa bugar dan kuat. Selain tersedianya peralatan, juga ada trainnernya atau fitness attendant yang siap memberi petunjuk bagi pengguna jasa fitness center dalam menggunakan peralatan yang ada serta bimbingan bagaimana melatih otot tubuh dengan benar, sehingga terhindar dari resiko cidera karena salah dalam melakukan gerakan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis fitness ini antara lain :

1. TEMPAT LUAS & NYAMAN
Jika menginginkan fitnes kita besar dengan pelanggan banyak, siapkan tempat yang luas bisa menampung member yang banyak, dengan fasilitas pendukung yang baik seperti sirkulasi udara yang baik dan sehat, bersih, ruang ganti/ loker yang bersih dan nyaman dan aman, menyediakan barang-barang yang sering dibutuhkan pengunjung, dll

2. LAYOUT YANG BENAR
Dengan penataan layout yang benar, akan membuat suasana didalam ruangan menjadi lebih rapi , peletakan alat diatur berdasarkan fungsi masing-masing peralatan

 ALAT STANDART FITNES
Pilihlah alat yang memang standart untuk fitnes, jangan pakai alat fitnes yang dipakai untuk pribadi, kalaupun pakai pribadi biasanya untuk selingan saja seperti airwalker, treadmil, sepeda , power rider, dsb bisa saja pakai second asal masih baik dan layak, karena alat barupun yang beginian dipakai berapa hari sudah sama kondisinya dengan yang second. Alat lain seperti katrol, butterfly, legpress, rowing, dll harus yang standart fitnes karena ini yang pokok

4. MANAGEMEN (ORANG DAN PENGELOLAANNYA)
Jangan salah pilih instruktur dan karyawan yang nakal, karena bisa banyak bocor pendapatannya, buat SOP dan PNP nya serta awasi dengan benar, jangan sampai ada peluang untuk tindakan penyelewengan. Sebaiknya semua jenis pembayaran harus melalui FO cashier, atau langsung lewat accounting.

Berikut contoh peralatan yang ada
untuk sebuah fitness center :
 Cabel Crosover 2 beban 75 kg
 Lat pull Down beban 75 kg
 Butterfly beban 75 kg
 Leg Press extra beban 50 kg
 Smith Machine extra beban 50 kg
 Leg curl & Ext beban 75 kg
 Rowing beban 75 kg
 Chest press beban 75 kg
 Treadmill manual
 Treadmill manual
 Sepeda Statis
 Sit Up besar
 Bench press Incline
 Bench press Decline
 Bench Press Flat
 Dumbell set 4-20 kg
 Rak Dumbell
 Stick barbell 3 bh ukuran 2 m
 Stick Curl bar 1 bh
 Stick Tricep 1 bh
 Barrbell 200 kg
 Stick dumbel 2 bh

C. MASSAGE & SPA

MASSAGE:
Adalah jasa yang diberikan oleh juru pijat/ masseur untuk memijat/ mengurut badan para tamu yang inhouse, membuat badan segar kembali setelah melakukan aktifitas yang melelahkan. Massage sendiri ada beberapa macam antara lain :

 Massage untuk kebugaran/ capek-capek
Memijat seluruh bagian tubuh dengan diurut menggunakan minyak urut untuk melemaskan otot-otot yang kaku, mengembalikan otot ke jalur yang seharusnya sehingga badan terasa segar kembali

 Massage refleksi
Memijat pada titik-titik tertentu bagian dari anggota tubuh seperti telapak kaki, telapak tangan dimana titik tersebut merupakan simpul syaraf yang berhubungan keseluruh organ kita, terutama organ bagian dalam

 Totog
Hampir sama dengan pijat refleksi, bedanya pada titik titik tertentu bagian tubuh di totog/ ditekan-tekan secara terus menerus lalu berpindah dari titik satu ke titik yang lain. Gunanya agar peredaran darah menjadi lancer, sehingga supply makanan dan oksigen lancer keseluruh tubuh, utamanya di daerah kepala.

Tidak ada komentar: